Categories
Uncategorized

Memilih Bengkel Perawatan Kendaraan Sepeda Motor

Perawatan kendaraan baik untuk mobil maupun sepeda motor pada prinsipnya sama untuk semua proses perawatan mobil. Yang membedakan jenis perawatan mobil dengan perawatan motor pasti beda. Harga perawatannya berbeda, perawatan mobil jauh lebih mahal dari pada perawatan kendaraan bermotor. Tempat atau bengkel perawatan mobil dan perawatan kendaraan bermotor tentunya juga berbeda, para mekanik juga berbeda dalam ketrampilan dan pengetahuan tentang cara merawat kendaraan roda empat dan roda dua.

Sebenarnya dalam perawatan motor bisa anda lakukan sendiri tanpa harus datang ke bengkel motor dan meminta kepada bengkel untuk melakukan perawatan pada motor anda. Perawatan kendaraan bermotor yang sederhana dan mudah dilakukan sendiri. Tapi ada juga yang kurang paham dalam perawatan motornya, jadi mendingan datang ke bengkel motor dan ditangani langsung oleh mekanik yang sudah paham proses perawatan motornya.

Nah itulah permasalahan memilih paket bengkel motor yang tepat dan terpercaya, yang agak sulit karena akan tergantung dari kondisi after service motor anda. Ada banyak bengkel motor di Jakarta dan hampir disetiap daerah bahkan di gang-gang kecil memiliki bengkel motor sederhana yang menyediakan jasa service motor atau perawatan motor anda. Tak hanya itu, masalah memilih mekanik juga menjadi faktor penting dalam menjaga sepeda motor agar lebih aman dikendarai.

Nah, jika Anda bingung memilih bengkel motor dengan kualitas yang terjamin, maka perlu memperhatikan beberapa faktor yang mungkin menjadi alasan memilih bengkel motor dalam rangka perawatan motor Anda. Cara memilih bengkel motor adalah sebagai berikut:

Lokasi Bengkel Sepeda Motor

Untuk melakukan perawatan motor di bengkel motor pastikan lokasi bengkel motor tersebut dekat dengan tempat tinggal anda. Hal ini dimaksudkan agar Anda lebih mudah melihat dan mengontrol keadaan motor Anda yang sedang diservis. Hal ini juga memudahkan mekanik bengkel untuk segera memberi tahu Anda komponen apa saja yang perlu diganti.

Layanan

Memilih dan mempercayakan bengkel untuk melakukan perawatan motor Anda harus teliti dan cermat. Terutama dari segi pelayanan seperti tertib dan sesuai nomor seri dalam service motor dan cepat dalam melakukan service motor.

Fasilitas Perbaikan Sepeda Motor

Bisa dipastikan fasilitas yang diberikan bengkel resmi motor berbeda dengan bengkel motor pinggir jalan. Namun hal ini tidak menjamin bahwa hasil perawatan motor anda baik atau tidak. Fasilitas ini disediakan untuk memberikan kemudahan bagi pemilik sepeda motor untuk menunggu saat motornya dilayani oleh mekanik.

Biasanya fasilitas yang ada di bengkel resmi lengkap misalnya ruang tunggu yang ber-AC, bersih, toilet bersih, dan tentunya jenis perawatan motor akan lebih banyak dan variatif sesuai permintaan customer. Sedangkan bengkel motor di pinggir jalan hanya memiliki jok seadanya dan biasanya sudah terisi oli. Untuk masalah pengurusan kendaraan yang dilayani sebatas penggantian oli saja, service bulanan, dan ditambah dengan jasa reparasi ban juga.

Kualitas Suku Cadang Motor Yang Diberikan

Tentunya bengkel resmi motor lebih terjamin kualitas sparepartnya yang di jual langsung dari pabrik dan mempunyai garansi. Tapi hanga untuk sparepart motor asli akan lebih mahal dengan sparepart motor palsu atau kw. Namun jika ingin motor anda dikendarai dengan nyaman, lebih baik gunakan sparepart motor terdekat resmi dari pabrik langsung karena lebih aman dan tahan lama.

Pilih Mekanik

Bagi seorang mekanik di bengkel resmi tentunya sudah teruji dan dilatih untuk melakukan perawatan pada motor Anda. Karena dibekali dengan pengetahuan tentang cara merawat sepeda motor yang baik dan benar. Namun terkadang dalam melakukan perawatan motor pemilik motor jika kompatibel dengan 1 mekanik akan selalu bersama mekanik. Hal ini dikarenakan motor lebih baik ditangani oleh satu tangan mekanik, karena mekanik sudah mengetahui setting yang sesuai untuk motor anda.

Biaya Administrasi Kendaraan Bermotor

Ini juga menjadi salah satu faktor dalam memilih bengkel motor untuk melakukan perawatan motor. Tentunya biaya servis sepeda motor di bengkel resmi akan jauh lebih mahal karena bengkel resmi tersebut memberikan keuntungan dari segi pelayanan dan fasilitas bagi pemilik motor.

Demikian artikel tentang pengalaman saya merawat motor di bengkel dengan menggunakan jasa montir. Semoga bisa memberikan manfaat ya hr

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *